Cara Memproteksi File Microsoft Word 2013 – Simak Dua Cara berikut ini.

Cara memproteksi file Microsoft Office 2013 – Sebagaimana yang kita tahu, microsoft merupakan salah satu raksasa perangkat lunak di dunia. Microsoft office merupakan salah satu produk miliki mereka yang sekarang banyak digunakan oleh user komputer. 

Kita tentu mengenal Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point. Dalam rutinitas kerja sehari-hari kita sering menggunakan ketiga program dasar tersebut untuk kebutuhan pekerjaan baik personal maupun untuk kebutuhan perusahaan.

Di artikel ini, saya akan menyajikan tutorial cara memproteksi file microsoft office 2013. Mengamankan file dokumen yang kita miliki tentu sangat penting. Cara memproteksi file yang paling ampuh adalah dengan memberinya password. 

Hal itu berfungsi untuk menjaga agar file yang kita miliki tidak mudah dimodifikasi dan diakses sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Dua Cara Memproteksi File Microsoft Office 2013

Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk memproteksi file dokumen Ms. Word, yaitu proteksi menengah, dan kedua proteksi penuh. 

Untuk proteksi menengah kita masih mengizinkan orang lain untuk membuka dokumen atau file yang kita miliki, namun kita membatasi aksesnya sehingga orang lain tidak bisa memodifikasi, baik itu menambah atau mengurangi kontennya. 

Proteksi Penuh artinya kita tidak mengizinkan orang lain untuk membuka file Ms. Word kita sama sekali. 

1. Cara Pertama (Proteksi Menengah).

Buka file yang akan kita proteksi terlebih dahulu. Lalu kemudian pilih menu File > Info > Protect Document > Restict Editing. Kemudian di bagian editing restriction ceklis atau centang kotak allow this type editing in the document (lihat gambar 1)

Cara Memproteksi File Microsoft Office 2013

Lalu, kotak di bagian bawahnya ganti dari No Changes (Read Only) ke Filling in Forms. Lalu klik Yes, Start Enforcing Protection (liat gambar 2

Cara Memproteksi File Microsoft Word 2013

Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk mengisi password (lihat gambar 3). Setelah mengisi Password silahkan pilik OK. Kemudian tekan Save atau simpan.

Cara Memproteksi File Microsoft Word 2013

Setelah itu bisa kita lihat perubahan yang terjadi. Maka, secara otomatis semua menu akan non-aktif sehingga kita tidak bisa melakukan editing seperti mengubah font, ukuran font, melakukan copy-paste dan lain-lain (lihat gambar 4).

Cara Memproteksi File Microsoft Word 2013

2. Cara Kedua (Proteksi Penuh)

Cara kedua ini sangat cocok digunakan apabila kita tidak ingin file atau dokumen yang kita miliki tidak dibuka sama sekali oleh orang lain. Buka file yang akan kita proteksi terlebih dahulu. Lalu kemudian pilih menu File > Info > Protect Document > Encrypt with password (Lihat gambar 5).

Baca Juga :  Cara Nge Tag Orang Di Ig Story

Cara Memproteksi File Microsoft Word 2013

Setelah itu akan muncul kotak dialog yang akan meminta kita menginput passoword (Lihat Gambar 6).

Cara Memproteksi File Microsoft Word 2013


 

Setelah menginput password tekan saja OK. Jangan lupa untuk menyimpan file atau dokumennya. Lalu lihat hasilnya. Jika masih kurang jelas terkait penjelasan di atas teman-teman bisa menonton versi videonya berikut ini 

Mungkin itu saja Tutorial Cara Memproteksi File Microsoft Word 2013. Semoga Bermanfaat.