Cara Mengembalikan Foto Terhapus

Cara Mengembalikan Foto Terhapus –

Foto adalah cara terbaik untuk mempertahankan kenangan indah kita. Namun, kehilangan foto karena penghapusan yang tidak sengaja dapat menjadi sebuah tragedi. Semua orang yang telah mengalami kehilangan foto yang disebabkan oleh penghapusan tahu betapa menyedihkan dan frustasinya itu. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang telah menghapus foto secara tidak sengaja, jangan putus asa. Ada beberapa cara untuk mengembalikan foto yang telah dihapus. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembalikan foto yang telah dihapus dari perangkat seluler atau komputer Anda.

Penjelasan Lengkap: Cara Mengembalikan Foto Terhapus

1. Pastikan bahwa kartu memori atau hard drive Anda tidak rusak.

Pastikan bahwa kartu memori atau hard drive Anda tidak rusak adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mencoba mengembalikan foto yang terhapus. Foto yang terhapus hilang selamanya jika drive dan kartu memori Anda rusak. Jika kondisinya baik, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Sebelum melakukan apa pun, Anda harus mengambil langkah preventif untuk menghindari foto yang terhapus hilang selamanya. Lakukan pengaturan cadangan atau backup foto Anda, sehingga Anda dapat mengembalikannya dengan mudah jika terjadi kehilangan data.

Ketika Anda yakin bahwa drive dan kartu memori Anda baik-baik saja, Anda dapat memindai drive atau kartu memori Anda menggunakan software pemulihan foto. Ada banyak software yang tersedia, jadi dapatkan yang paling cocok dengan Anda. Software ini akan memindai drive dan kartu memori Anda untuk mencari foto yang hilang atau terhapus.

Setelah software pemulihan foto selesai memindai, ia akan menampilkan daftar foto yang ditemukannya. Di sini, Anda dapat memilih foto yang ingin Anda kembalikan. Kemudian, Anda hanya perlu mengklik tombol “Mulai Pengembalian” untuk memulai proses pengembalian foto.

Setelah proses pengembalian foto selesai, Anda akan melihat foto yang hilang di drive atau kartu memori Anda. Ini berarti Anda berhasil mengembalikan foto yang telah hilang atau terhapus. Namun, jangan lupa untuk membuat cadangan foto Anda secara berkala untuk mencegah kerusakan data di masa depan.

2. Laporkan kehilangan foto Anda kepada perusahaan pemulihan data.

Langkah kedua untuk mengembalikan foto yang terhapus adalah menghubungi sebuah perusahaan pemulihan data. Perusahaan ini menawarkan layanan untuk memulihkan data yang hilang. Mereka akan memeriksa sistem Anda untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan data Anda. Mereka akan berusaha untuk menemukan data yang hilang dan kemudian akan memulihkannya ke dalam sistem Anda.

Proses ini mungkin memakan waktu cukup lama, tergantung pada jumlah data yang hilang. Pihak perusahaan akan memberi tahu Anda berapa lama proses ini akan berlangsung. Jika data yang hilang tidak ditemukan, biaya yang dibayarkan akan dikembalikan.

Baca Juga :  Cara Setel Lagu Di Discord

Pemulihan data adalah proses yang rumit. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat mencari perusahaan yang dapat memulihkan data Anda. Pastikan untuk memeriksa reputasi dan lisensi perusahaan sebelum memulai proses. Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan layanan berkualitas yang dapat memulihkan data Anda dengan tepat dan efisien.

Anda juga perlu memastikan bahwa perusahaan memiliki kemampuan untuk memulihkan jenis data yang hilang. Ini penting untuk memastikan bahwa data yang hilang dapat benar-benar dipulihkan. Jika Anda memiliki data yang berbeda dari yang lain, pastikan untuk memberitahu perusahaan tentang jenis data yang Anda miliki.

Jika Anda menemukan perusahaan yang tepat, Anda akan dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memulihkan foto yang hilang. Ini mungkin termasuk memberikan informasi kepada perusahaan tentang jenis data yang hilang dan lokasi tempat data tersebut tersimpan. Setelah itu, tunggu hingga proses pemulihan data selesai dan lihat hasilnya.

3. Cek folder ‘Tembolok’ di perangkat Anda.

Folder ‘Tembolok’ adalah folder yang tersembunyi di perangkat Anda, baik itu laptop, komputer, tablet atau ponsel. Folder ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan sementara untuk file yang Anda hapus. Ketika Anda secara tidak sengaja menghapus foto, maka foto tersebut akan dipindahkan ke folder ini. Cara mengembalikan foto dari folder ‘Tembolok’ sangat mudah. Pertama, masuk ke folder ‘Tembolok’. Kedua, cari dan temukan foto yang Anda hapus. Dan ketiga, klik kanan pada foto yang telah Anda temukan, lalu pilih opsi ‘Pindahkan ke’. Kemudian, pilih lokasi dimana Anda ingin meletakkan foto yang Anda hapus dan klik ‘Pindah’. Foto yang telah Anda temukan akan segera dipindahkan ke lokasi yang Anda pilih. Setelah berhasil dipindahkan, Anda akan bisa melihat foto di lokasi tersebut dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Dengan cara ini, Anda bisa mengembalikan foto yang telah terhapus dari folder ‘Tembolok’ di perangkat Anda.

4. Gunakan software pemulihan data yang terkenal.

Software pemulihan data yang terkenal adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengembalikan foto yang terhapus. Software ini dapat membantu Anda menemukan dan mengembalikan file yang hilang, termasuk foto, musik, video dan dokumen lainnya. Software ini dapat bekerja pada hampir semua jenis flash disk, hard disk, kartu memori, atau media penyimpanan lainnya. Cara kerjanya sangat sederhana, yaitu Anda hanya perlu mengunduh software ini dan menyimpannya dalam komputer atau laptop Anda. Setelah itu, Anda dapat memilih lokasi atau media penyimpanan yang ingin Anda scan dan mulai mencari file yang hilang.

Baca Juga :  Cara Isi Ulang Kuota Andromax M3z

Beberapa software pemulihan data yang populer yang dapat Anda gunakan adalah Recuva, DiskDigger, EaseUS Data Recovery, dan UndeleteMyFiles Pro. Masing-masing software memiliki fitur yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah Anda memilih software yang sesuai, Anda dapat mengikuti instruksi yang ada untuk mengunduh, memasang, dan mulai menggunakannya. Setelah Anda berhasil menginstal, Anda hanya perlu menjalankan software pemulihan data dan menunggu hasilnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, software pemulihan data yang terkenal adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengembalikan foto yang terhapus. Namun, Anda harus ingat bahwa tidak semua software akan berhasil mengembalikan file yang hilang. Jadi, pastikan Anda memilih software yang tepat untuk memastikan bahwa foto Anda bisa kembali.

5. Gunakan aplikasi seluler yang terkenal untuk mengembalikan foto Anda.

Mengembalikan foto yang terhapus dari ponsel Anda bisa menjadi tugas yang menakutkan. Namun, dengan adanya aplikasi seluler yang terkenal, Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto Anda. Ini adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Pertama, carilah aplikasi seluler yang terkenal yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto Anda. Beberapa aplikasi yang populer adalah DiskDigger, Dr. Fone, dan PhotoRec. Ini adalah aplikasi yang dapat membantu Anda mengembalikan foto yang hilang atau terhapus dari ponsel Anda.

Kedua, unduh aplikasi dan jalankan aplikasi. Pada saat aplikasi berjalan, Anda akan diminta untuk memilih lokasi yang ingin Anda scan untuk mengembalikan foto. Pilihlah lokasi yang benar. Setelah Anda memilih lokasi, aplikasi akan mulai mencari foto yang hilang dari lokasi yang dipilih.

Ketiga, ketika aplikasi selesai melakukan scan, Anda akan melihat daftar foto yang ditemukan. Pilih foto yang ingin Anda kembalikan dan klik tombol ‘Kembalikan’.

Keempat, setelah Anda menekan tombol ‘Kembalikan’, aplikasi akan menyimpan foto yang Anda kembalikan ke lokasi yang Anda pilih saat memilih lokasi untuk scan.

Kelima, selesaikan proses mengembalikan foto dengan menutup aplikasi. Foto Anda sekarang telah berhasil dikembalikan ke lokasi yang Anda tentukan. Sekarang Anda dapat menikmati foto yang Anda dapatkan kembali.

6. Cek folder ‘Pemulihan’ di perangkat Anda.

Pemulihan adalah folder yang tersedia di hampir semua perangkat seperti laptop, PC, dan smartphone. Folder ini dibuat untuk memungkinkan pengguna mengembalikan file yang telah dihapus dari perangkat mereka. Ini sangat berguna ketika Anda menghapus file atau folder secara tidak sengaja. Jadi, cara terakhir untuk mengembalikan foto yang telah terhapus dari perangkat Anda adalah dengan mengecek folder Pemulihan.

Baca Juga :  Cara Menyalakan Mic Di Laptop

Folder Pemulihan berisi salinan file yang hilang atau yang telah dihapus. Ini dibuat secara otomatis oleh perangkat Anda setiap kali Anda menghapus file apa pun. Salinan file ini disimpan untuk memungkinkan Anda mengembalikan file yang telah dihapus. Folder Pemulihan juga berfungsi sebagai back up file Anda.

Untuk mengecek folder Pemulihan di perangkat Anda, Anda harus pergi ke Bagian Pengaturan atau Pengelola File. Kemudian Anda harus mencari folder Pemulihan. Ini akan menampilkan semua file yang telah dihapus. Anda dapat menemukan foto yang telah Anda hapus dan memulihkannya.

Setelah menemukan folder Pemulihan, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki salinan cadangan file yang telah dihapus. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda tidak kehilangan foto atau informasi lain yang penting. Setelah memeriksa folder Pemulihan dan memastikan bahwa Anda memiliki cadangan yang tepat, Anda dapat mengembalikan foto yang telah terhapus dari perangkat Anda.

7. Cobalah membuat cadangan data di perangkat Anda secara teratur.

Cadangan data (backup) adalah cara paling efektif untuk memastikan bahwa foto yang telah terhapus dapat dikembalikan. Membuat cadangan data secara teratur adalah salah satu langkah penting yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan foto-foto Anda.

Anda dapat membuat cadangan data dengan menggunakan berbagai cara, termasuk: menyalin dan menyimpan foto di komputer atau laptop Anda; menggunakan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau iCloud; atau menggunakan media penyimpanan eksternal seperti hard drive atau flash drive. Ketika Anda membuat cadangan data, pastikan Anda melakukannya secara berkala, seperti setiap minggu atau setiap bulan, tergantung pada jumlah foto yang Anda simpan.

Cadangan data akan memungkinkan Anda untuk mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah. Jika Anda menghadapi masalah pada perangkat Anda seperti kegagalan sistem atau kerusakan fisik, Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto-foto Anda dari cadangan data yang telah Anda buat. Ini juga dapat memungkinkan Anda untuk dengan mudah memindahkan foto-foto Anda ke perangkat lain jika Anda ingin menggantinya.

Ketika Anda membuat cadangan data, pastikan Anda memeriksa bahwa cadangan data Anda berisi semua informasi yang Anda butuhkan. Pastikan juga Anda membuat cadangan data yang aman dan terlindungi dengan benar. Dengan membuat cadangan data secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa foto-foto Anda aman dan dapat dengan mudah dikembalikan jika terhapus.